Inspiring Site

Jiwa yang sakit

kangeeen pengen nulis lagi….huhu lagi diribetin dengan laporan laporan praktek, oia skrng na lagi praktek di RS Jiwa. banyak yang na dapat disini terutama tentang pandangan na pada orang dengan gangguan jiwa. Tadinya kalo di jalan na ketemu orang gangguan jiwa, na pasti langsung ngejauh. takuuuut. >_<

Sekarang mau gak mau na harus berhubungan sama mereka. gimana caranya komunikasi sama mereka, gimana memahami perubahan status mental mereka yang bisa berubah drastis. kalo hari ini mereka bisa diem aja, tenang. bisa aja besoknya mereka PK (Perilaku Kekerasan) nyerang perawat atau temen2 nya. praktek di Jiwa harus sabar hadapin pasien. kalo mereka lagi ‘bandel’ huft udah deh banyak2 istighfar. apalagi nghadapin pasien yang paranoid gak boleh salah memperlakukan mereka bisa2 mereka dendam sama kita.

Tapi orang dengan gangguan jiwa, merekapun masih bisa merasakan apa yang kita rasakan sebagai orang normal. Mereka gak mau diperlakukan sebagai orang yang sakit dan ‘berbeda’. mereka masih bisa ngerasain kangen, masih ingat sama anaknya, suami atau orangtuanya. pernah suatu hari ada pasien yang bertanya ke na “suster, kenapa saya gak di jenguk2 saya kangen sus, sama anak saya…” mendengar itu rasanya sedih, miris. na selalu tertarik dengan riwayat pasien, bagaimana kehidupan mereka sebelum sakit sampai mereka bisa di bawa ke RS. memang kalo kita lihat sepintas orang dengan gangguan jiwa seperti tidak mempunyai perasaan, mereka menangis tanpa air mata, tertawa si saat sedih, menangis di saat tertawa. semua dunia mereka terbalik. kadang na gak habis pikir bagaimana mereka menghabiskan hari2 mereka, sampai kapan mereka ada di RS kalo keadaan mereka gak kunjung membaik. mereka juga harus minum obat seumur hidup untuk membuat mereka tetap ‘normal’. miris..

na pernah bertanya ke seorang pasien, “kalo mba.P udah boleh pulang kerumah, apa yang ingin mba lakukan?”

“aku mau kerja, terus ngelanjutin sekolah lagi nyari beasiswa ke jerman”

“Aamin,,semoga cita-cita mba.P tercapai”

 

 

 

2 responses

  1. bee

    so touch

    November 8, 2012 at 8:14 am

  2. soul

    Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh..
    Apa kbrny nduk? Hanya lewat ini sy bs menyapa km. Gk kerasa dah hampir 2 tahun kt gk ketemu. Pengen rasanya kt bs bercanda2 seperti dlu lg. Tp mungkin km sudah terlalu membenci aku. Smoga baik2 sj km dsana. Jaga kesehatan slalu.
    By: soul……..

    January 12, 2013 at 2:52 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s